Rabu, 24 Desember 2014

Perkembangan Smartwatch



Eva Ahsanti
1112081000071
Sistem Informasi Manajemen

PERKEMBANGAN SMARTWATCH DARI BERBAGAI KELEBIHAN DAN KEUNGGULAN YANG DIMILIKINYA

BAB I
PENDAHULUAN
Kini sebuah jam tangan tak lagi hanya sebagai alat penunjuk waktu. Dengan perkembangan teknologi saat ini, sebuah jam tangan telah bermetamorfosis menjadi perangkat pintar layaknya sebuah perangkat computer mini.
Pada dasarnya sebuah jam tangan pintar adalah perangkat mini yang computer yang dipakai pada lengan. Di dalamnya menyediakan “fungsi pintar” agar pernggunanya dapat terhubung dengan perangkat smartphone-nya. Seperti sebuah ponsel berlayar kecil, jam pintar menyediakan panggilan masuk, pemberitahuan kalender, email, membaca pesan singkat, mengontrol music, dan bahkan ada yang bisa dipakai untuk menjawab panggilan telepon.
Tahun 2013, banyak yang meramalkan bahwa perangkat masa depan yang akan ramai di pasaran adalah wearable device. Dalam hal ini lebih khusus jam tangan pintar. Ramalan tersebut tidaklah salah. Di tahun 2014 ini, tren jam tangan pintar kian ramai saja. Hal ini terlihat dari banyaknya vendor yang meluncurkan jam tangan pintar.
Meskipun tidak ada definisi yang diterima secara umum dari istilah smartwatch, namun semua orang mengetahui bahwa ini adalah perangkat yang serbaguna, yang dikenakan di pergelangan tangan, yang menjalankan aplikasi komputasi.
Smartwatch telah menjadi hal besar sejak tahun 1982. Tapi tahun ini akan berbeda ketika Samsung Galaxy Gear turun ke pasar pada 4 September lalu. Selain Samsung, masih ada beberapa produsen lain yang ditunggu untuk meluncurkan produk smartwatch nya, yakni Apple dan Sonny. Sebelum pasar saat ini diramaikan oleh teknologi untuk pergelangan tangan, ada beberapa produk smartwatch yang pertama kali muncul di pasaran semenjak tahun 1982.
Fenomena jam tangan pintar ini lantas membuat perusahaan lain menjadi “panas” Tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang sedang mengembangkan jam tangan pintar ini. Bahkan beberapa sudah meluncurkannya terlebih dahulu. Perusahaan pembuat barang pendukung olahraga seperti Nike dan Adidas pun mengeluarkan smartwatch. Hanya saja tujuan dibuatnya bukanlah untuk bernavigasi semata melainkan untuk kebutuhan olahraga.
Lain cerita dengan perusaahaan penyedia ponsel. Mereka lebih fokus menghadirkan jam tangan pintar khas mereka untuk menyaingi dominasi Samsung yang lebih dulu menggebrak pasar dengan perangkat jam tangan pintar mereka. Sebut saja perusahaan Sony dari Jepang dan Goophone dari Cina.

BAB II
PEMBAHASAN
Microsoft awalnya mengembangkan teknologi smartwatch dan memperkenalkan Smart Personal Object Technology, atau SPOT, pada tahun 2002. Ini merupakan perangkat mandiri yang dapat menerima berita dan peringatan melalui layanan radio FM dan MSN Direct adalah kegagalan besar, seperti MSN Direct yang memerlukan biaya berlangganan yang paling tidak bersedia untuk tidak menawarkan kemampuan cukup untuk menjaga konsumen senang. Sejak itu, teknologi pelopor Pebble mendefinisikan kembali gagasan smartwatch ketika memasuki pasar dan mengumpulkan kickstarter hingga $10 juta. Perusahaan lain, seperti Google dan Apple sejak saat itu mengikuti dan mengembangkan smartwatch mereka sendiri.
Kepopuleran jam tangan pintar atau Smartwatch, tidak terlepas dari positifnya penjualan Samsung Galaxy Gear 2. Kamera built-in dan alat pengukur langkah, ditambah kontrol musik, membuat sebuah gebrakan pertama yang sangat baik untuk Samsung ke pasar smartwatch. Perangkat dari Samsung ini menguasai pangsa pasar Smartwatch. Penjualannya mengalahkan vendor lain yang juga mengeluarkan produk sejenis. Qualcomm Toq diharapkan siap untuk memukul pasar pada bulan Oktober dengan harga sekitar $300. Perangkat tipis ini menggunakan layar mirip dengan e-ink, tetapi juga dapat menghasilkan warna dan menjalankan video. Pesaing lainnya termasuk Apple iWatch, yang masih dalam tahap prototipe, dan Sony Smartwatch 2.
Salah satu pemain utama adalah Pebble smartwatch, yang bekerja di bawah OS Android dan dapat mengirim dan menerima pesan SMS. Dengan built-in navigasi GPS, pilihan untuk mengendalikan musik dan kamera, Pebble smartwatch sedang mencoba untuk mendapatkan pijakan sebelum raksasa pasar memiliki kesempatan untuk menjual produk mereka yang telah dikembangkan. Sejauh ini, mereka telah sangat sukses, dengan lebih dari 275.000 penjualan.

Perkembangan Smartwatch
No
Tahun
Nama Produk
Keterangan Produk
1.       
1970
Intel dan Microma
Tahun ini dipercaya sebagai tahun pertama hadirnya jam tangan pintar. Salah satu pencetusnya adalah Intel, dimana saat itu perusahaan chipset raksasa ini membeli sebuah perusahaan jam bernama Microma Universal. Namun karena masih minimnya teknologi yang diadopsi pada perangkat jam tangan pintar, pada akhirnya membuat Intel gagal mengembangkan smartwatch buatan mereka.
2.       
1982
Pulsar NL C01
Pulsar adalah merek Seiko, dan sementara versi NL C01 telah menjadi teknologi kuno saat ini, yang mana smartwatch ini hanya mampu menyimpan 24 digit informasi. Dan dianggap pertama kali sebagai jam yang memiliki kemampuan sebagai bank memori. Pada seri ini juga, kemampuannya sudah menampilkan papan ketik pertama yang sudah mengadopsi sebanyak 2000 karakter dan layar dot metrix. Seri ini diikuti dengan seri lain, seperti 1984 UC-2000
3.       
1984
Seiko RC-1000
Seiko RC-1000 disinkronkan melalui kabel, dan itu kompatibel dengan berbagai PC termasuk Apple dan perangkat keras Commodore C64. Smartwatch ini dikenal untuk tiga baris jenis dot-matrix yang tidak biasa dan memiliki RAM sebesar 2KB
4.       
1990
Seiko Receiptor
Sebuah jam yang memiliki tugas sebagai pager. Untuk pertama kalinya, smartwatch yang secara nirkabel terhubung ke dunia yang lebih luas. Dan Seiko Receptor telah menjadi perubahan pasar smartwatch pada  masa itu.
5.       
1998
Seiko Ruputer
Dikenal sebagai OnHand PC di Amerika Serikat, lebih dari sebuah computer dari jam tangan, membawa prosesor 16-bit dan 128KB RAM. Layar yang dibawanya pun masih berupa LCD 102x64 mono, da tidak touchscreen tapi Anda bias menulis aplikasi untuk Ruputer di C.
6.       
1999
PDA dan Fossil
Pada tahun ini perkembangan PDA dengan system operasi Palm menjadi sangat terkenal, bahkan cukup laris bagi kalangan pebisnis saat itu. Sebuah jam tangan pintar ini mampu bersinkronisasi data dengan PC, dan bekerja layaknya sebuah PDA pada era itu.
7.       
2000
IBM dan Citizen
Jam ini dirancang untuk berkomunikasi secara nirkabel dengan PC, ponsel dan perangkat nirkabel Bluetooth yang kompatibel dengannya. Jam tangan pintar ini sudah memiliki kemampuan layar sentuh dan mikrofon serta speaker kecil didalamnya. Selain itu, IBM juga menamkan memori sebesar 8MP dengan OS Linux 2., serta sensor accelerometer dan sidik jari.
8.       
2004
Microsoft Spot
Platform Microsoft ini disebut Smart Object Personal Technology, atau SPOT untuk jangka pendek, dan itu digunakan untuk siaran FM untuk memperbarui data pelanggan di kota-kota besar di Amerika Serikat. Untuk menggunakannya, pengguna harus berlangganan layanan selama per tahun dengan harga $59.
9.       
2009
Samsung S9110 Watch Phone
Memiliki baterai yang lebih baik , layar sentuh dan memiliki daya yang rendah, koneksi jarak pendek ke perangkat yang tersambung ke internet seperti smartphone. Pada awal decade ini, perusahaan demi perusahaan telah melihat potensi yang besar.
10.   
2012
Pebbles dan Fitness kit
Yaitu pelacak GPS dan smartwatch untuk pengguna olahraga. Banyak dari mereka memang sangat baik, namun penjualan relative kecil, mereka menunjukkan bahwa tidak ada yang cukup dipantau pada pasar smartwatch untuk waktu itu.
11.   
2013
Samsung Galaxy Gear
 Perangkat ini dapat membuat panggilan telepon, bermain video game dan mengirim email. Samsung juga menjanjikan integrasi yang erat dengan ponsel android melalui app manager. Pada dasarnya, Galaxy Gear diatur menjadi satu perangkat yang menghubungkan seluruh keluarga Galaxy.
Pada tahun  2014 dipercaya akan semakin banyak jam tangan pintar yang diluncurkan. Dari informasi yang didapat, Apple, HTC, LG, dan Google juga tengah menyiapkan jam tangan pintar mereka untuk diluncurkan pada tahun depan.
Fitur Smartwatch
ü  Penunjuk Waktu
Tidak luput dari fungsi utama sebuah jam tangan, yaitu penunjuk waktu, namun memiliki tampilan yang lebih menarik berupa digital atau analog
ü  Kalender
Terdapat fitur kalender yang memudahkan user melihat tanggal maupun membuat agenda kegiatan. Smartwatch akan bergetar halus untuk setiap pemberitahuan kalender di ponsel.
ü  Menerima Notification Pesan
Dengan menghubungkan ke smartphone maka akan muncul pada display smartwatch pemberitahuan pesan (email, SMS, facebook, twitter, dan social media lainnya) dan sekaligus dapat membacanya.
ü  Pemutar Musik
Smartwatch menyediakan aplikasi pemutar music yang  dapat menggunakan sebagai remote Android untuk mengontrol pemutar music di smartphone dari pergelangan tangan.
ü  Camera
Di sisi depan gelang jam terdapat kamera. Dapat digunakan untuk merekam dan memotret foto. Bahkan kualitas foto yang dihasilkan sangat baik dan mencapai ukuran 1.392 x 1.392 pixel.
ü  Aplikasi Online
Smartwatch dapat di install aplikasi penuh guna dan menyenangkan, seperti aplikasi cuaca, social media dll.
ü  Voice Memo
Pada fitur ini segala hal yang ingin diingat tidak perlu lagi mengeluarkan telepon keluar dari saku atau tas untuk menulis memo. Cukup berbicara pada smartwatch langsung.
ü  S Voice
Smartwatch ini mampu mempermudah aktivitas sehari-hari dengan membuat jadwal dan memeriksa pesan baru secara langsung. Smartwatch dapat diatur untuk merespon suara setiap saat.

Kelebihan Smartwatch
1.      Dari berbagai fitur yang dijelaskan sudah sangat jauh kelebihan smartwatch dengan jam tangan biasa. Dari hanya menunjukkan waktu sampai mampu menampilkan notifikasi dari smartphone juga mampu merekam video.
2.      Mempermudah dalam penggunaan gadget, karena smartwatch adalah gadget yang biasa dipakai di tangan, sehingga tinggal membalik tangan kalau ingin mendapat info terbaru. Mudah sekali saat ada notifikasi karena terdapat speaker yang berbunyi saat ada notifikasi.
3.      Smartwatch berjalan dengan lebih smooth karena telah dibekali processor sampai clockspeed 1,5 GHz dan RAM sampai 512 Mb.
4.      Lebih mudah dalam pengoperasiannya karena menggunakan layar sentuh.
5.      Mampu digunakan untuk menyimpan data didalamnya karena terdapat memori internal 4 GB.
6.      Memiliki kualitas tampilan yang lebih menarik daripada jam tangan biasa, karena layarnya sudah menggunakan teknologi LCD ataupun Amoled.
7.      Pada smartwatch tertentu bahkan sudah ada yang memiliki koneksi internet 3G dan dilengkapi Wifi.

Kekurangan Smartwatch
1.      Harga relative mahal diangka 299 dollar AS.
2.     Memiliki daya tahan baterai yang pendek.
3.     Tidak bisa jauh dari perangkat utama (smartphone). Dikarenakan fungsi-fungsi notifikasi hanya bisa berfungsi saat smartwatch terhubung dengan smartphone. Proses terhubung menggunakan Bluetooth mungkin maksimal hanya 10 m.
4.     Tidak semua merk smartwatch compatible dengan sembarang smartphone.
5.     Masih belum terdapat slot eksternal storage pada smartwatch yang ada saat ini.

Manfaat dan Keunggulan Smartwarch
1.      Kebutuhan Praktis
Manusia modern saat ini membutuhkan sebuah perangkat praktis yang memiliki kemampuan pintar. Praktis dalam hal ini adalah bahwa perangkat tersebut lebih dekat dengan pengguna dan lebih praktis cara pemakaiannya. Dibandingkan smartphone, jam tangan pintar memang terlihat lebih dekat. Perangkat ini tergulung di lengan pemakainya sehingga pemakai tidak perlu repot memasukan ke saku atau ke tas.
Hal serupa juga dengan gelang pintar. Dengan melekatnya perangkat dalam diri penggunanya, tentunya membuat perangkat tersebut lebih praktis. Pengguna tidak perlu melihat layar smartphone untuk melihat siapa yang memanggil. Dengan adanya jam tangan pintar, pengguna bisa melihat penting tidaknya suatu panggilan. Selain kepraktisan tersebut, yang lebih penting jam tangan pintar tidak rentan hilang karena terus digunakan oleh penggunanya.
2.      Lebih Bergaya
Dengan melekat di bagian tubuh manusia, jam tangan pintar atau Smartwatch tidak hanya menjadi semacam perangkat pintar saja. Perangkat ini juga bisa jadi gaya hidup manusia modern. Seperti yang diketahui, jam tangan memang memiliki kesan gaya bagi penggunanya. Dan kini berkat perangkat jam tangan pintar yang semakin pintar, pengguna tidak hanya mendapatkan informasi umum tetapi juga kesan gaya dan elegan.
3.      Dukungan Sistem Operasi dan Berbagai Aplikasi
Maraknya vendor yang menghadirkan jam tangan pintar, tidak lepas pula dari dukungan yang diberikan kepada perangkat ini. Salah satu contohnya adalah dukungan dari Google yang menghadirkan sistem operasi khusus bernama Android Wear. Dengan sistem operasi khusus ini, Google berharap bahwa kedepan jam tangan bisa menjadi platform yang lebih menarik.
Kemunculan sistem operasi Android Wear kemudian diikuti oleh beberapa pengembang yang siap menghadirkan aplikasi khusus untuk smartwatch. Hal ini berarti kedepannya, smartwatch tidak hanya memiliki fungsi notifikasi, informasi kesehatan, dan informasi cuaca saja. Bahkan, ada pengembang yang sudah menghadirkan peramban atau browser khusus untuk  Android Wear. Tentu saja akan ada pengembang lain yang juga melakukan hal serupa untuk mendukung dan memopulerkan ekosistem Android Wear. Demikianlah beberapa alasan mengapa jam tangan pintar bisa populer. Awal kepopulerannya memang sudah terlihat semenjak tahun 2013.
Dengan smartwatch seorang pengguna bisa memiliki akses ke berita, cuaca, olahraga, saham, horoskop, email dan banyak lagi. Near-universal understanding dari smartwatch sebenarnya memanfaatkan teknologi nirkabel untuk berkomunikasi dengan smartphone Anda. Smartwatch dirancang untuk jaringan dan mengintegrasikan dengan perangkat pribadi lainnya melalui Wi-Fi dan teknologi Bluetooth. Mereka tidak dirancang untuk menjadi pengganti ponsel, karena mereka dimaksudkan untuk memberikan alert untuk pesan dan panggilan tidak terjawab, tetapi tidak selalu memiliki kemampuan untuk membuat atau menerima panggilan.
Dalam rangka untuk bekerja dengan ponsel, smartwatch bekerja pada sistem operasi yang berbeda. Beberapa didesain hanya untuk sistem operasi Android, sedangkan yang lain bekerja dengan Android dan iPhone. Mereka semua menawarkan variasi macam fungsi, di mana beberapa hanya akan mengingatkan Anda bila teks baru atau email baru dan lain-lain yang masuk ke dalam smartphone Anda yang akan memungkinkan Anda untuk membacanya. Beberapa smartwatch menawarkan fungsi media sosial, dan beberapa menawarkan fungsi kalender. Tapi ini tergantung pada pabrik dan model.
Tren dari smartwatch ini siap untuk lepas landas dan merevolusi pasar teknologi konsumen. Menurut Canalys, lebih dari lima juta smartwatch akan dikirimkan ke seluruh dunia pada tahun 2014. Itu lompatan besar dari 330.000 yang sudah dikirim pada tahun 2012 dan diperkirakan setengah juta untuk dikirim pada 2013.
Bagian dari keberhasilan yang diproyeksikan adalah karena potensi dalam industri smartwatch. Tren komputer wearable dapat berfungsi sebagai hub untuk menyambungkan perangkat pintar yang lain, seperti monitor denyut jantung dan smart glass. Ini dapat berubah menjadi sistem medis terintegrasi. GlucoWatch Biographer, misalnya, membaca kadar glukosa dan dirancang untuk membantu penderita diabetes yang membutuhkan pemantauan konstan.
Smartwatch juga dapat menggunakan bacaan biometrik untuk mengidentifikasi pengguna, dan pengetatan keamanan dari perangkat mobile Anda. Bionym telah memperkenalkan sensor yang melacak detak jantung pengguna melalui sistem pengenalan biometrik dan dapat mengkomunikasikan informasi ke perangkat lain yang terhubung. Sebuah ponsel yang biasanya membutuhkan password akan otomatis dibuka ketika dibawa ke teknologi dari komputasi pergelangan tangan dari smartwatch.
Masa Depan Jam Tangan Pintar
Jika saat ini ada wacana PC akan tergantikan dengan tablet maka mungkin suatu waktu smartphone akan digantikan dengan smartwatch. Hal tersebut bisa saja terjadi namun bisa juga tidak. Pasar persaingan smartwatch juga diwarnai dengan rumor-rumor panas dari produsen elektronik bergengsi di dunia seperti Apple, Google dan Nokia yang makin memanaskan persaingan.
Google, Qualcomm, Samsung, Microsoft dan lain-lain semua dilaporkan masih dalam prototype. Tentu saja, tak satu pun secara tergesa untuk menampilkan perangkatnya ini dan penuh dengan kematangan rencana. Baru-baru ini, Apple mendaftarkan merk dagangnya iWatch di Jepang, Taiwan dan Meksiko (di Eropa dan Amerika Serikat sudah terlebih dahulu). iWatch menurut rumor akan membawa layar OLED lengkung, dan dapat mengambil saldo pulsa serta dapat menjalankan puluhan aplikasi iOS yang dibuat untuk layar yang kecil. Bahkan jika hanya sebagian kecil dari rumor ini benar, iWatch bisa menjadi peluncuran produk dari Apple yang paling baru sejak iPad pada tahun 2010.
Dan untuk Google dan Microsoft sendiri, hingga saat ini tidak terendus sama sekali apa yang sedang dibuatnya, sekedar namanya pun mereka enggan membocorkannya, dan hal ini semakin membuat pasar kian menarik untuk diikuti,
Ada beberapa hal yang membuat smartphone tetap lebih unggul jika dibandingkan smartwatch. Salah satunya adalah tentu layar yang lebih besar. Sangat tidak mungkin jika jam tangan pintar memiliki dimensi layar yang besar. Sangat aneh bukan jika seseorang memakai jam tangan dengan layar yang memanjang?  Selain masalah layar, jam tangan pintar juga memiliki kemungkinan kecil bisa mengalahkan fungsi kamera pada smartphone. Seperti yang diketahui, smartphone saat ini banyak yang memiliki sensor kamera yang tidak kalah dengan kamera profesional. Sedangkan jika hal ini diterapkan pada smarthwatch, hal tersebut terasa tidak mungkin. Kecuali sekali lagi jika pengembang mau berinovasi dengan menghadirkan kamera bidik ala jam tangan pada cerita-cerita dalam film detektif. Paling banter untuk saat ini, kamera pada smartwatch dapat disimpan pada bagian depan untuk keperluan video chating. Tentunya komunikasi video ini dilakukan dengan layar yang kecil.
Jika ingin benar-benar menjadi sebuah perangkat primer, maka prangkat jam tangan pintar haruslah mempunyai desain dan varian lain yang inovatif. Bisa saja bukan pada masa mendatang layar jam tangan pintar meluas dan memanjang sampai siku? Namun tentu masa depan jam tangan pintar ini juga bergantung pada masyarakat, Jika masyarakat menganggap jam tangan pintar merupakan kebutuhan primer, ada kemungkinnan pula jam tangan pintar merupakan perangkat masa depan.
Di masa yang akan datang, smartwatch mungkin akan menjadi salah satu perangkat yang wajib diadopsi oleh banyak orang seperti halnya smartphone. Sehingga orang dapat berinteraksi kembali dengan sesamanya dan tidak terfokus ke layar smartphone-nya.

BAB III
KESIMPULAN
Smartwartch saat initidak memiliki deskripsi secara umum yang dapat diterima semua orang. Ada yang mendefinisikan mini-PDA yang dapat dikenakan di pergelangan tangan, jam tangan canggih dengan layar yang tertanam di dalamnya. Jam yang di desain untuk menjalankan aplikasi yang dapat berkomunikasi dengan memanfaatkan nirkabel ke smartwatch serta yang dilengkapi dengan kamera.
Smartwatch hari ini dapat menerima pesan teks dan update facebook, control pemutaran media, dan menjalankan berbagai aplikasi. Keuntungan terbesar dari smartwatch adalah bahwa daripada harus mengeluarkan ponsel dari saku beberapa kali, maka dapat melihat sekilas ke dalam jam tangan pintar untuk melihat waktu dan beberapa pemberitahuan yang masuk ada smartphone.
Jam tangan pintar atau wearble device bisa dikatakan sebagai perangkat modern atau perangkat pintar masa depan. Tidak berlebihan memang karena perangkat modern saat ini adalah prangkat berukuran kecil namun memiliki kemampuan lebih.
Dan hal itu bisa terlaksana di sebuah perangkat jam tangan pintar. Kacamata pintar mungkin bisa jadi calon perangkat modern. Tetapi perkembangan kacamata pintar cenderung lambat. Dan vendor yang mengembangkan kacamata pintar masih sedikit.
Ini terlalu dini untuk mengatakan keberhasilan yang tepat dari smartwatch, tapi sulit untuk mengabaikan hiperbola dari para calon pengguna guna menyambut teknologi terbaru ini. Gagasan ini menjadi lebih terhubung ketika perangkat yang membawa teknologi di pergelangan tangan ini sangat menarik bagi banyak konsumen. Kemampuan unutk metering biometrik dan kesehatan saja bisa menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang.

DAFTAR PUSTAKA

2 komentar:

  1. Betway Casino site - Lucky Club
    Find out about the Betway Casino site, including game providers, players' ratings, bonus codes, promotions, payment luckyclub methods and more. Rating: 2 · ‎Review by luckyclub.live

    BalasHapus
  2. Casino Nightclub 2021 - MapyRO
    Casino Nightclub (2021) Casino Nightclub was 정읍 출장샵 a fun and funky venue set to rave reviews 김포 출장샵 by the Las Vegas-based Casino 강릉 출장샵 Nightclub is open Sunday through Monday from 서울특별 출장안마 11:30pm  Rating: 4.5 · ‎28 reviews · 제주도 출장마사지 ‎Price range: $$$$

    BalasHapus